Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang mahasiswa yang memfokuskan diri pada lingkungan sosial, apapun bentuknya. Saya juga menyukai musik dan saya membuat musik, saya suka menulis dan saya membuat tulisan tentang apa saja yang saya sukai, saya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, saya mencintai keluarga dan teman-teman saya.

Senin, 18 Oktober 2010

Mendengar...

Hikmah dari mendengar.

Mendengar. Mendengar adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap orang, terutama untuk menjadi seorang pemimpin. Kemampuan untuk mendengarkan adalah hal yang sangat penting.
Kenapa???
Kehebatan dari mendengarkan :
1. Kita bisa menghargai orang lain.
Hal dasar dari manusia adalah keinginan untuk dihargai. Dengan kita mendengarkan setiap omongannya, setiap ceritanya, setiap keluh kesahnya, dia merasa kita sudah menghargai dia.
2. Kita bisa mengetahui potensi orang lain
Dengan mendengarkan, kita bisa mengetahui potensi orang lain, seberapa kualitas mereka.
3. Kita bisa mengetahui seberapa kuat musuh kita
Dengan mendengarkan kita bisa mendengarkan opini-opini musuh kita yang mungkin bisa menjadi senjata kita untuk menyerang mereka.
4. Dengan mendengarkan kita bisa tau bagaimana sifat dari lawan bicara kita.
Bagaimana seorang psikolog bisa tau sifat kita, padahal kita baru saja bertemu 1 jam yang lalu atau bahkan 30 menit yang lalu?? Itu karena dia mendengarkan apa yang kita bicarakan, kalau kita hanya diam atau tertidur, apakah mungkin dia bisa tau sifat asli kita???

Kehebatan dari kemampuan untuk mendengarkan bagi musisi adalah sebagai inspirasi, kita bisa mendengarkan suara-suara yang bahkan tidak pernah kita dengar sebelumnya hanya dengan fokus mendengarkan.
Alam sebenarnya bersuara, kita selalu mengeluh dengan apa yang terjadi dengan alam kita. Kenapa kita selalu mengeluh??
Kita ambil contoh kota Jakarta yang panas, tingkat polusi tinggi, dll. Apa yang kita harapkan dari keadaan alam yang seperti itu??
Tapi coba dengarkan suara-suara yang damai disekeliling kita, niscaya kita bisa menikmati keadaan itu dengan perasaan senang dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar