Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang mahasiswa yang memfokuskan diri pada lingkungan sosial, apapun bentuknya. Saya juga menyukai musik dan saya membuat musik, saya suka menulis dan saya membuat tulisan tentang apa saja yang saya sukai, saya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, saya mencintai keluarga dan teman-teman saya.

Senin, 18 Oktober 2010

GALLIH DAN RATNA


Tadi gw baru selesai nonton film Gita Cinta dari SMA (Rano Karno & Jessy Gusman). Lagu-lagu di film itu, gw akuin bagus banget, yah mungkin juga karena gw suka banget sama film-film jadul kaya film ini. Kata orangtua gw, film ini dulu keren banget, sampe-sampe Rano Karno & Jessy Gusman jadi pasangan paling ideal, sama kaya Acha Septriasa sama (gw lupa nama cowonya dalam film heart), bedanya Rano & Jessy ga pacaran beneran.
Lagu Galih dan Ratna menjadi lagu yang sangat bagus (paling ngga menurut gw), sampe-sampe di daur ulang sama D’Cinnamons dengan versi yang berbeda, namun tetap bagus untuk didengar. Lagu Gita Cinta dari SMA juga ngga kalah bagus dengan lagu yang pertama tadi, dengan konsep instrumental ataupun ngga.
Tidak hanya original soundtrack film itu aja, tapi juga ceritanya yang menarik untuk dikaji. Kenapa?? Dalam salah satu adegan dikatakan bahwa Ayah Ratna (Jessy Gusman) adalah orang yang kolot. Disana dikatakan bahwa perempuan Jawa tidak baik menikah dengan laki-laki Sunda. Di film itu tidak diberitahu alasannya. Nah ini yang menarik untuk dikaji, kenapa sampai muncul anggapan seperti itu. Gw yakin bukan hanya orang Jawa yang punya anggapan kuno seperti itu. Apa mungkin karena pada awalnya Perempuan Jawa pernah disakiti hatinya oleh laki-laki Sunda atau sebaliknya?? Atau ada alasan lain, misalnya masalah ekonomi, politik, atau agama?? Apakah di zaman yang modern ini masih ada orang yang punya anggapan-anggapan seperti itu??
Pertanyaan-pertanyaan ini bagus juga menurut gw untuk kita fikirkan, lumayan kan untuk ngasah otak dan juga berlatih untuk lebih kritis?! Kita cari tau jawabannya mungkin dari sejarah orang Jawa, ataupun sejarah daerah apapun yang mempunyai kasus yang sama. Mungkin ini ngga penting, tapi ngga ada salahnya kan kita cari tau, iseng-iseng berhadiah nih!!! Hadiahnya bukan uang, tapi hadiahnya adalah ilmu pengetahuan untuk memperkaya diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar