Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang mahasiswa yang memfokuskan diri pada lingkungan sosial, apapun bentuknya. Saya juga menyukai musik dan saya membuat musik, saya suka menulis dan saya membuat tulisan tentang apa saja yang saya sukai, saya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, saya mencintai keluarga dan teman-teman saya.

Kamis, 02 Juni 2011

Blue Note


Society baru aja membuat acara Blues dan Jazz, berikut dengan talk show tentang Blues dan Jazz. Dari talk show tersebut muncul apa yang disebut dengan “blue note”, istilah yg sering didenger, apalagi kalangan penyuka musik Blues atau Jazz. Saya mencoba menjelaskan “blue note” dari sisi filosofis.
Bicara tentang sejarah Jazz dan Blues, kedua genre ini mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama berasal dari masyarakat kulit hitam, kulit hitam pada jaman dulu erat kaitannya dengan perbudakan. Jadi Blues dan Jazz sama-sama berasal dari kaum budak. Yang terbayang ketika ada kata “budak” adalah kesengsaraan, kepedihan, ketertindasan, dan juga diskriminasi. Pokoknya semua yang sifatnya menyedihkan. Ketika budak-budak ini berbicara, siapa yg mau dengar mereka? Ketika budak-budak ini mau mengadu, mereka mau mengadu ke siapa? Pemerintah? Orang kulit putih? Jawabannya ga ada! Yup Ga ada yg mau denger mereka. Salah satu cara mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka adalah dengan musik. Budak-budak Afrika yg kerja di ladang kapas di Amerika, mereka bekerja sambil bernyanyi, yg kemudian jadi cikal bakal musik Blues.
Nada-nada yang mereka ekspresikan adalah nada-nada yang sendu dan galau. Menurut kamus Bahasa Indonesia, galau berarti pikiran yang kacau tidak keruan. Sedangkan sendu adalah perasaan sedih dan pilu. Dan Blue Note bila kita pecah kedalam Bahasa Indonesia, mempunyai 2 kata yaitu Blue dan Note. Blue berarti sedih atau murung, sedangkan note adalah nada. Bila diartikan secara kontekstual Blue note berarti nada yg sedih. Itulah yg dimaksudkan dengan Blue Note.
Secara musikal, singkatnya blue note yaitu note yg dipakai sebagai warna melody, yang diluar note utamanya (not utama: do re mi fa so la si). Untuk penjelasan secara musikal silahkan liat di Youtube hehehehe… Lebih lengkap dan terperinci ketimbang lewat tulisan…
Nah blue note ini menjadi ciri khas dari music Blues dan Jazz, tapi mengikuti perkembangan sekarang, blue note juga sering dipake sama berbagai macam genre, dan dalam lagu-lagu populer konvensional dengan perasaan "biru", seperti Harold Arlen's "Stormy Weather, sudah banyak yang menggunakan blue note. Jadi ga bisa menjadi patokan juga klo musik yang menggunakan blue note itu adalah musik Blues atau Jazz. Blue note juga lazim digunakan dalam musik rakyat Inggris. Blue note, yang disebut di Irlandia " long notes", memainkan peran penting dalam musik Irlandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar